10 Tips membuat website mobile friendly yang sukses

visigraphic menerima jasa pembuatan website, web hosting,
internet marketing, branding dan graphic design.
 

Setiap klien kami adalah unik dan kami siap mempelajari dan memproses sesuai kebutuhan masing-masing klien secara personal.
Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun di bidang website development, kami siap menjadi partner anda dalam memulai usaha
di bidang online atau membantu mengelola dan meningkatkan brand bisnis anda melalui teknik yang natural.

Silahkan menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih detail,
semua pertanyaan akan kami tanggapi dalam waktu kurang dari 24jam.

 

v i s i g r a p h i c

We build smarter websites. Good design with great impact.
 

E-mail: info@visigraphic.com
Phone / WhatsApp: 0813-5767-5500
Skype: visigraphic
LINE: visigraphic
 

Submitted by admin on Mon, 10/14/2019 - 18:50
mobile-friendly-website-tips-and-trick

Di jaman kemudahan akses internet seperti sekarang ini, para penyedia situs dituntut untuk menyediakan laman yang mudah diakses oleh para pengguna ponsel. Mengingat kecepatan waktu load laman situs yang berbeda-beda pada setiap perangkat, para penyedia situs harus menggunakan prinsip desain dan teknik yang berbeda agar dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Jika anda ingin membangun situs untuk bisnis anda atau sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan traffic situs anda, atau bahkan ingin mengembangkan SEO bisnis anda pada berbagai perangkat maka luangkan waktu anda sejenak untuk menyimak 10 tips bagaimana membuat situs mobile friendly yang sukses di bawah ini.

1 . Hilangkan Flash

Banyak web designers berhenti menggunakan flash sejak bertahun-tahun lalu karena program ini dipandang memiliki banyak kekurangan seperti lambatnya proses load, meningkatkan bounce, sangat buruk jika digunakan untuk SEO, bahkan terkadang tidak dapat loading sama sekali. Untuk membangun situs berkonsep mobile friendly yang sukses seharusnya menggunakan sedikit sekali flash atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

2. Menggabungkan prinsip-prinsip responsif

Situs yang responsif adalah yang dapat menyesuaikan tata letak dan konten sehingga mampu ditampilkan secara optimal di berbagai perangkat. Anda dapat membuat situs anda lebih responsif dengan cara manual atau dengan menggunakan plugins seperti yang disediakan oleh site builders seperti Wordpress atau Drupal.

3. Menggunakan “Viewport Meta Tag”

“Viewport Meta Tag” digunakan untuk membuat browser menyesuaikan lebar halaman berdasarkan jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses situs. Halaman yang terbuka dengan lebar yang sama untuk seluruh jenis perangkat menghasilkan pengalaman pengguna yang buruk.

4. Singkirkan opsi koreksi automatis pada form

Hal ini berarti mematikan alat koreksi automatis ketika pengunjung mengakses situs anda melalui ponsel. Koreksi automatis akan menjadi sangat menjengkelkan saat secara konstan mengubah entri menjadi kata dan bahasa yang lebih umum terutama ketika pengisian alamat dan informasi kontak.   

5. Sesuaikan ukuran tombol anda untuk ukuran mobile

Tidak ada yang lebih menyebalkan bagi pengguna ponsel daripada harus mengezoom agar dapat mengklik tombol kecil dengan ukuran mikroskopis. Anda dapat membuat situs anda lebih ramah ponsel dengan memilih tombol yang lebih besar.

6.   Gunakan ukuran font yang besar

Pilihlah font yang setidaknya berukuran 14 untuk situs web anda, para pengakses situs dari ponsel akan berterima kasih.

7. Pastikan gambar dan CSS anda telah terkompres

Hal-hal seperti gambar beresolusi tinggi dan CSS anda kemungkinan adalah bagian terbesar dan terpanjang untuk dimuat, mengompres item besar membuat mereka memuat lebih cepat tanpa mengurangi kualitas.

8. Kemudahan untuk beralih ke tampilan desktop

Meskipun para pengunjung situs menyukai tampilan yang user friendly, itu tidak berarti tidak akan ada yang ingin melihat versi desktop (dengan berbagai alasan). Buatlah situs yang tidak hanya mudah digunakan tetapi juga harus responsif.

9. Selalu uji keresponsifan dan kemudahan penggunaan situs anda

Jika kemudahan penggunaan dan pengalaman pengguna merupakan prioritas utama anda, maka anda harus mengujinya. Hal ini berarti anda harus mencoba mengakses situs anda dan menavigasinya dari ponsel anda. Tanyakan orang terdekat anda apakah mereka memiliki umpan balik atau masukan untuk situs anda untuk berjaga-jaga apabila anda melewatkan sesuatu pada saat pengujian.

10. Kesimpulan

Kita hidup di dunia yang semakin didominasi oleh penggunaan ponsel dan lalu lintas web akan terus tumbuh. Ingatlah prinsi-prinsip desain ramah ponsel diatas dan pastikan anda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan baik.